Oleh: mer1t | Juli 31 , 08

Lakukan Dengan Tulus, Dpt Hasil Yg Mulus

Di suatu perusahaan bangunan terkemuka, ada seorang karyawan yang sudah bekerja 30 tahun lamanya, namanya James. Dia adalah salah seorang karyawan terbaik yang dimiliki perusahaan dalam hal mengerjakan bangunan.
Segala jenis bangunan sudah pernah dikerjakan James, baik itu rumah sangat sederhana, ruko, maupun gedung-gedung bertingkat semacam mal, kantor, apartemen, dsb!Sekarang James sudah memasuki usianya yang ke 50, jadi memang ia sudah merencanakan akan pensiun. Suatu ketika ia mengatakan kepada Direktur perusahaannya tentang keinginannya untuk pensiun, tapi si Direktur bilang ” James, kamu boleh pensiun tapi setelah kamu membangun 1 apartemen lagi karena proyek ini sangat besar nilainya dan kamu adalah karyawan terbaik yang bisa mengerjakan ini.”

James pun menuruti perintah “bos” nya itu sambil berharap semoga apartemen ini cepat selesai. Akhirnya setelah 3 tahun, apartemen pun selesai dibangun dan James memberikan kunci apartemen itu pada Direktur. “Pak, ini apartemen sudah selesai, semua yang saya bangun ini menggunakan bahan-bahan kelas 1, jadi hasilnya pasti luar biasa!! Apa sekarang saya sudah bisa pensiun??” Tapi sekali lagi Direktur ini meminta tolong kepada James kalau ia harus mengerjakan 1 proyek lagi, karena sekarang harus membangun Gedung Departemen Pemerintah yang besar sekali. Walaupun dengan berat hati, James pun mengikuti arahan dari si Direktur.

James pun membangun departemen itu dengan sangat cepat. Setelah 1 tahun, Departemen itu pun bisa dikerjakan dengan sangat baik, dan James pun kembali memberikan kunci pada si Direktur, sambil mengutarakan niat pensiunnya. Namun ternyata sekali lagi si “Bos” berkata, kalau James harus membangun 1 rumah mewah lagi di kawasan elite dengan bahan-bahan terbaik karena rumah ini merupakan “rumah orang yang spesial”. Setelah itu, ia akan benar-benar mengizinkan James pensiun.

Dengan memendam kekecewaannya, sekali lagi James pun menuruti permintaan si Direktur. Dibangunnya rumah itu dengan setengah hati, karena James sudah merasa cape dengan pekerjaannya. Semen yang biasanya digunakan yang termahal, sekarang memakai semen yang murah. Bata yang harusnya digunakan terbaik pun, diganti dengan yang biasa-biasa hingga cat nya pun bukan yang nomor 1 lagi. Setelah 3 bulan, rumah mewah itu pun selesai dibangun, dan James merasa senang sekali karena akhirnya ia bisa pensiun dan beristirahat bersama keluarganya.

Dengan semangat ia bertemu dengan Direktur sambil memberikan kuncinya. Tapi alangkah terkejutnya James ketika si Direktur bilang “Untuk apa kau kembalikan kunci itu?! Rumah yang kamu bangun itu adalah hadiah pensiun untuk kamu!! Kamu adalah orang yang spesial untuk perusahaan” Dalam hati James seperti terkena geledek!!! Seandainya ia tau kalau rumah yang dibangun itu adalah hadiah untuk dirinya, pasti ia akan menggunakan semen termahal, dan bata yang terbaik, serta cat nomor 1 juga. Tapi semua sudah berlalu dan James pun menempati rumah yang dibangun dengan “seadanya” itu dengan rasa kurang puas…

Moral cerita ini adalah : 

Pembaca disadari atau tidak, seringkali kita melakukan hal-hal dengan tidak sepenuh hati seperti bekerja dengan seadanya tanpa mau buat maksimal atau pun selalu mengeluh dengan proses kehidupan. Tetapi sebenarnya segala sesuatu yang dikerjakan dengan baik akan mendapat hasil yang baik pula, demikian sebaliknya. Sama dengan proses kehidupan, kalau kita menjalani proses kehidupan, pasti pada akhirnya akan mendapat hal yang terbaik. “LAKUKAN DENGAN TULUS DAPAT HASIL YANG MULUS”. 

 

 

 

(Oleh : Phang Arie Susanto)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: