Oleh: mer1t | Juli 29 , 08

JANGAN TERLENA DI ZONA AMAN

Apasih yang dimaksud dengan “ZONA AMAN” itu. Zona aman adalah kawasan yang dinyatakan tidak ada bahaya, aman, dan bergerak secara nyaman karena tidak ada tantangan, gangguan, hambatan, dan marabahaya.

Orang yang berada di zona aman biasanya merasakan kenyamanan, kedamaian, dan kenikmatan yang terus menerus akibat perbuatan yang bersifat statis, dari itu ke itu (monoton), dan tanpa ada perubahan. Menurut orang yang berada pada zona aman, berubah berarti mendapatkan tantangan dan memerlukan pemikiran. Dengan begitu, berubah merupakan sesuatu yang tidak aman karena pasti akan muncul hambatan / gangguan.  

Apabila ada seorang pegawai, pekerja atau apapun profesinya tersebut bila selalu melakukan rutinitas (dia menerapkan cara kerja sekarang sama seperti cara kerja saat dia mendapatkan profesinya saat itu) dan tdk mau mendapatkan tantangan maka bisa dikatakan statis, tidak ada perubahan, merasa nyaman dalam kondisi yang ada, dan tidak mau dengan hal-hal yang baru karena menganggap hal-hal yang baru itu akan mengganggu pikiran, tenaga dan dana. Yang ada dalam pikirannya adalah sesuatu yang tetap dan biasa dijalani. “Orang zona aman” merasakan bahwa keberhasilan adalah kebiasaan yang terus-menerus dilakukan. Menurut pandangannya, keberhasilan kemarin adalah keberhasilan hari ini dan masa mendatang. Itu adalah hal yang sungguh sangat keliru, karena disadari atau tidak sudah pasti lingkungan berubah.
“Orang zona aman” tidak akan pernah peduli dengan perubahan yang terjadi meskipun usia dan fisik juga turut berubah. Keluar dari zona aman berarti sebuah permasalahan yang justru akan mengganggu rasa nyaman dan bahagia saat ini. Baginya, jalan terbaik adalah jalan untuk meneruskan gaya yang sudah melekat dalam melaksanakan / menjalani profesinya saat selama ini. Dia tidak akan peduli dengan teman lain yang telah berubah demi sebuah kemajuan. Menurutnya, dengan gaya statis saja mendapatkan hasil, kenapa meski bersusah payah untuk berubah. Perubahan tidak terjadi dan tidak menghinggapinya.

Hal itu akan sangat berbeda dengan “Orang dinamis” yang selalu berubah sejalan dengan perubahan zaman. Bagi “Orang dinamis”, kondisi statis akan merusak perkembangan karirnya, Orang yang demikian itu berlandaskan masa depan, gaya berpikir otak kanan, dan proses yang senatiasa berubah. Perubahan adalah jalan yang terbaik untuk meraih kesuksesan. Itulah pernyataan yang selalu dipegang “Orang dinamis”. Kalau “Orang zona aman” bergerak dengan gaya berpikir otak kiri yang bercirikan statis, linear, terstruktur, dan takut salah, “Orang dinamis” bercirikan berpikir dengan otak kanan yang lateral, dinamis, selalu berubah, dan berani menerima tantangan.

Kondisi saat ini menuntut kreativitas dan inovasi setiap orang dalam melaksanakan pekerjaannya atau dalam menjalani profesinya.

Kita bisa ambil contoh sebuah film anak “POWER RANGER”, untuk bisa melewati tantangannya entah itu monster atau yang lainnya adalah dengan berubah. Tanpa berubah dia akan sangat sulit untuk bisa melawan monster-monster yang menjadi penghalangnya.

Banyak jalan menuju Roma, banyak cara untuk menjadi “Orang dinamis”. Ingat bahwa justru zona aman akan menjadi tidak aman ketika yang lainnya berubah. Beberapa cara untuk bisa keluar dari zona aman antara lain adalah ;

·         kuatkan hati dan pikiran bahwa dunia sudah berubah,

·         tanamkan dalam pikiran bahwa semua orang mampu keluar dari zona aman asalkan ada komitmen kuat dari dalam diri,

·         cobalah sedikit demi sedikit memikirkan cara/gaya menjalani profesi kita yang perlu diperbaiki,

·         ajaklah teman-teman lain berdiskusi menyikapi perubahan,

·         perbanyak membaca dan jangan pernah berhenti untuk belajar,

·         datangilah pertemuan-pertemuan yang membahas tentang masa depan.

Sudahkah kita siap untuk keluar dari zona aman?, mau tidak mau, suka tidak suka kita harus keluar dari zona aman, karena bila kita selalu berkutik dalam zona aman berarti kita telah memproteksi diri, membatasi diri dari perkembangan.

Waktu terus berubah, begitu pula dengan lingkungan, jadi jangan takut untuk berubah, jika tidak ingin kita yang terlindas oleh perubahan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: