Oleh: mer1t | Juli 19 , 08

10 Rahasia Memotivasi Diri Untuk Pencapaian Yang Besar

1. Penegasan Positif

Pikiran bawah sadar kita adalah alat yang menakjubkan dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan. Dia akan melakukan apa yang kita perintahkan dan tergantung pada pikiran yang kita masukkan. Jadi, mengapa tidak memberikan pikiran positif ke dalam pikiran Anda. Berikut adalah beberapa contoh penegasan yang dapat Anda masukkan kedalam pemikiran terdalam untuk mencapai keberhasilan:
* Hari ini aku akan berhasil, karena aku memiliki keyakinan, keberanian, dan antusiasme
* Aku melihat kegagalan sebagai sebuah rambu di jalan kesuksesanku
* Ketika aku merasa tertekan, aku akan bersantai dan melepaskan tekanan sebelum melakukan tugas selanjutnya
* Aku akan menuliskan prioritas, memikirkan tanggung-jawab. Mungkin aku tidak dapat menyelesaikan semuanya, namun aku akan melakukan hal yang paling produktif di setiap momen yang ada
*Aku seorang pemenang, aku bekerja untuk kemenangan organisasi dan karena kontribusi dan kerjasamaku, kami akan tetap menjadi pemenang
*Hari ini, aku melihat peluang disetiap tantangan yang diberikan padaku

2. Bahasa yang positif

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa 75% dari pembicaraan sehari-hari adalah negatif,apakah bahasa yang kita gunakan atau bahasa tubuh. Kita perlu berkomunikasi dengan sikap positif disepanjang waktu.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat mengubah kata-kata negatif kedalam komunikasi positif:
* Daripada mengatakan ‘masalah’, sebut dengan ‘peluang’
* Daripada menganggap sebuah tindakan sebagai’kegagalan,’ gambarkan sebagai ‘pengalaman belajar.’
* Daripada mengatakan ‘Aku harus’, katakan ‘Aku memilih untuk…’ Ini akan mengontrol tindakan yang kembali pada Anda.
* Daripada mengatakan, ‘Tidak ada yang dapat aku perbuat,’ katakan, ‘Mari kita lihat alternatif yang ada.’
* Daripada mengatakan ‘Itulah diriku,’ katakan, ‘ku memilih pendekatan yang berbeda.’
* Daripada mengatakan,’Dia membuatku marah,’ katakan,’ Aku mengendalikan perasaanku.’

3. Berlatih

Sebuah survei Gallup menemukan pria dan wanita yang telah berlatih:
*66% dilaporkan mendapatkan hidup yang lebih rileks
*62% mendapatkan sumber energi baru
*55% stress yang berkurang
*51% penampilan yang lebih baik
*46% lebih percaya diri
*45% kehidupan cinta yang lebih baik
*44% kepuasan kerja yang lebih besar
*37% lebih kreatif di pekerjaan.

Motivasi besar tersebut didapatkan melalui latihan! Ketika motivasi Anda menurun, gerakkan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa meluangkan waktu seminggu tiga kali selama 15 menit, memberikan dampak yang luar biasa.

4. Mengambil Resiko

Kita hidup di zona nyaman kita, menghindari situasi yang menimbulkan resiko, menghindari potensi kegagalan. Namun, untuk menghadapi persaingan di depan dan menguasai perubahan kehidupan, Anda harus keluar dari zona nyaman Anda. Mulai dengan satu langkah sederhana. Mencoba hal kecil yang baru, dengan pendekatan yang berbeda. Cara yang sederhana dengan mengambil rute yang berbeda ke dan dari tempat kerja. Sesekali saya suka melewati ‘jalan yang jarang dilalui’ untuk mengasah kreativitas. Kemudian, tetap melangkah diluar zona Anda. Pada awalnya mungkin tidak terasa nyaman. Namun, semakin sering Anda melakukannya, maka akan semakin nampak alami dan Anda akan melihat peningkatan di inti kreativitas dan peluang yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

5. Bacaan Positif

Baca kehidupan orang -orang sukses. Pastikan Anda hanya membaca yang mencerminkan kesuksesan sepanjang masa. Bukan kisah ‘sukses hari ini, skandal hari esok’yang kita dapatkan saat ini. Orang seperti Herb Kelleger – Southwest Airlines, Fred Smith – Federal Express, Mary Kay Ash – Mary Kay, Benjamin Franklin, Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, dan Dr. Martin Luther King, Jr, merupakan contoh yang baik. Mereka adalah orang-orang yang menghadapi berbagai tantangan, menciptakan nilai yang sesungguhnya bagi orang lain, atau merubah kehidupan orang lain menjadi lebih baik.

6. Visualisasi Positif

Kondisikan diri Anda untuk menggambarkan visi kesuksesan. Salah satu cara terbaik melakukannya adalah dengan:
* Pergi ke tempat yang sunyi didalam rumah atau tempat lainnya. Matikan radio, televisi, dsb
* Duduk di kursi yang nyaman dan melonggarkan pikiran
* Mulai berpikir tujuan yang ingin anda capai. Ingat, visualkan seolah anda telah mencapai tujuan ini
* Memvisualkan langkah penting yang diambil untuk mencapai keberhasilan. Semakin baik visualisasi Anda, dimana Anda akan melihat, merasakan, mendengar, dan menyentuh visi, maka akan semakin nyata bagi Anda.
* Visualisasi tantangan yang muncul dalam perjalanan Anda dan bagaimana mengatasinya.
* Visualisasikan bagaimana rasanya menyelesaikan tujuan. Visualisasikan keuntungan yang Anda, keluarga, teman, rekan, dapatkan. Nikmati momen tersebut!
Penting untuk diingat: Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk melihatnya, maka tidak akan terjadi!

7. Berpikir Besar

Lihat gambaran besar pada apapun yang kita kerjakan. Banyak waktu yang terbuang untuk hal -hal yang tidak penting di kehidupan kita. Kita diciptakan untuk membuat perbedaan. Kita membuat perbedaan untuk keluarga, komunitas, organisasi, dan diri kita sendiri. Semua tindakan kita harus dilakukan dengan konsep di pikiran. Berpikir sedikit lebih besar hari ini daripada kemarin, dan Anda akan membuat masa depan yang lebih baik keesokan harinya. Berpikir besar mengarah pada tindakan yang besar. Berpikir kecil akan mengarah pada hasil yang kecil. Jadi berpikirlah BESAR!.

8. Tentukan Sasaran

Cara tercepat gagal dalam kehidupan adalah tidak membuat sasaran yang jelas. Tentukan sasaran untuk keuangan, keluarga, kesehatan, spiritual, dan karir. Sasaran Anda harus erat dengan teknik SMART.
* S – Spesifik
* M – Measurable (dapat diukur)
* A – Attainable (dapat dicapai)
* R – Realistik
* T – Time-based (basis waktu)

Misalnya, Anda memiliki target mendapatkan $2 juta sebagai uang pensiun pada dua puluh tahun mendatang. Setelah melakukan riset, sasaran SMART Anda adalah:

‘Saya akan mendapatkan $2 juta sebagai uang pensiun pada tahun 2024. Saya akan melakukannya dengan kontribusi sebesar $20K, atau $1667 per bulan, untuk dana pensiun per tahun. Dari $20K tiap tahunnya, $2k akan disimpan di IRA dan $18 masuk ke program pensiun organisasi.’

Ingat hal yang paling detil yang dapat Anda tambahkan, sehingga semakin realistis sasaran Anda.

9. Penampilan yang positif

Super achiever sangat berhati-hati dengan penampilan dan gerakan mereka. Mereka tahu bahwa penampilan yang baik menerjemahkan ke perasaan yang baik. Billy Crystal, bintang layar lebar dan Saturday Night Life, pernah memainkan karakter yang dikenal dengan kata-katanya, ‘Lebih baik berpenampilan baik daripada merasa baik.’ Apa yang sesungguhnya ia katakan adalah konsep ‘berpura-pura sampai Anda berhasil’. Dengan kata lain, pada saat kita merasa sedih, kemudian berpikir positif dan pikiran Anda akan memerintahkan tubuh untuk bertindak secara positif. Juga selalu berpakaian layaknya achiever. Ikuti gaya pakaiannya, tindakan, dan perilaku orang yang sukses dan mencerminkan nilai kesuksesan jangka panjang dari keberhasilan orang tersebut. Ini juga akan mengatakan pada pikiran Anda bahwa Anda adalah seorang achiever.

10. Saling Membantu

Mengembangkan keinginan untuk saling membantu. Berbagi bakat Anda tanpa mengharapkan imbalan, penghargaan atau rekomendasi. Dan rahasiakan perbuatan baik Anda.

Jika Anda menerapkan teknik membantu orang lain, secara otomatis akan kembali pada Anda berkali-kali lipat. Pertama, kenikmatan memiliki bakat tertentu yang dapat membuat kehidupan orang lain lebih baik. Kedua, karena Anda tidak mencarinya, kata-kata tentang Anda dan kebaikan Anda akan tersebar. Inilah yang akan diterjemahkan kedalam peluang dan kekayaan yang tidak terduga. Ketiga, Anda akan mendapatkan satu tingkat kepercayaan diri yang baru dimana Anda dapat membuat suatu perbedaan. Super achiever menemukan motivasi dan arti dengan membantu sesama.

Sumber: Ed Skyes, seorang pembicara, penulis, dan pelatih dibidang kepemimpinan, motivasi, stress manajemen, layanan pelanggan dan team building.

( oleh Iien pada 28/Mar/2008, PengusahaMuslim.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: